Backpackeran ke Gili labak, Sang Maestro Pantai dan Terumbu Karang di JATIM


Gili labak adalah Pulau yang berada tepatnya di Desa Kombang Kecamatan Talango Kabupaten Sumenep Madura. Gililabak merupakan salah satu objek wisata pantai yang indah dan memiliki terumbu karang bagus di Jawa Timur.

Bahkan kebanyakan yang hobi Snorkling atau diving di Jatim merasa puas ketika melakukan aktifitas tersebut disini. Hamparan pasir nan putih desiran air laut yang tenang dengan warna gradasi biru menambah Pesona Keelokan Pulau ini.

Jadi kalau kalian Warga Jawa Timur pasti sudah pernah mendengar nama Pulau Gili Labak tersebut. Bagi yang belum kesana sobat wajib mengunjunginya sebagai salah satu destinasi untuk liburan kita.

Bagi Citizen di Jawa Timur mungkin destinasi Wisata JawaTimur adalah di daerah Malang ataupun Banyuwangi. Menurut saya lebih baiknya mencoba berwisata di Pulau GiliLabak ini selain memiliki kekayaan biota laut dan pantai yang indah, untuk menuju pulau ini tidak ada kata macet.

Jadi sobat tidak usah khawatir akan waktu yang molor seperti ketika kita liburan ke Kota Malang atau yang lainnya. Jadi kemarin akhirnya saya bisa backpackeran ke Gili labak ini.

Baca juga


Bagaimana rute menuju gililabak?

Rute Menuju Gililabak, Menuju Pulau Gililabak banyak rutenya bisa lewat Pelabuhan Kalianget, Desa Lobuk, tanjung Saronggi dan desa Kombang.

Namun rute yang rame familiar dan biasa digunakan wisatawan adalah lewat Pelabuhan Kalianget. Karena di pelabuhan kalianget merupakansalah satu Pelabuhan  terbesar yang ada di Madura dan banyak rute penyeberangannya.

Untuk menuju Pelabuan Kalianget mudah kok sobat. Dari surabaya, cari jalan menuju Jembatan Suramadu.

Setelah Sobat melewati Jembatan Suramadu, sobat lanjut saja lurus terus mentok sampai ke pertigaan (kalau ke kiri arah bangkalan, ke kanan arah Sampang/Sumenep) sobat belok kanan.

Setelah belok kanan sobat berarti sudah masuk di jalan menuju Sumenep Kabupaten tempat Pelabuhan Kalianget. Untuk menuju Kota Sumenep, sobat harus melewati kota Sampang dan Kota Pamekasan dulu.

Pastikan sobat mengikuti Petunjuk Jalan yang sudah lengkap dan jelas untuk memandu sobat menuju Kota Sumenep.  Jalur menuju kota Sumenep merupakan jalur tepi pantai jadi nanti sobat akan melihat laut sepanjang sisi kanan.
Ini hamparan lautnya

Sebelum masuk kota Sumenep Sobat akan melihat lahan-lahan budidaya garam di sebelah kiri –kanan yang di kelola baik oleh PT. GARAM. Setelah masuk kota Sumenep sobat lurus terus saja untuk keluar kota menuju Kalianget.

Garan garan men..

Tidak jauh dari kota nanti sobat akan ketemu pertigaan dimana di plakat jalan tertulis arah menuju Pelabuhan Kalianget  seperti ini.


Sobat ambil belok kanan.
Dari pertigaan itu sobat terus saja mentok nanti sobat akan sampai di kalianget dan ketemu pertigaan ikuti saja arah menuju Pelabuhan Kalianget (Belok Kanan).


Setelah itu ikuti saja jalan di sebelah kanan terlihat laut-laut itu tandanya sobat hampir sampai pelabuhan.  
Kalau lihat seperti ini masuk saja itu pintu masuk pelabuhan.
Geebang pelabuhan kalianget
Setelah sampai ke Pelabuhan kita harus ngapain Bang?

Untuk menuju Pulau Gililabak sobat harus naik perahu motor gaes.
Perahu ini bisa ditumpangi 14 orang maksimal plus Nahkoda Kapal. Soal biaya sewa tergantung pandai-pandai nego sobat. Kisaran harga sekitar 700-800 ribu belum sewa peralatan Snorkling 25-35 Ribu.

Jadi kalau Sobat ingin jalan-jalan ke Gililabak mending cari barengan saja atau bisa menghubungi kami yang akan buat “Open trip Backpacker Low Budget Gililabak”

Waktu tempuh dari Pelabuhan Kalianget Menuju Pulau Gililabak sekitar 2 jam tergantung ombak. Saat saya kesana cuaca lagi tidak bershabat kami kena ombak tinggi dan alhamdulilah bisa sampai.

Angin badai dan Ombak tinggi kadang menjadi kendala untuk menuju Pulau Gililabak ini. Hal ini mungkin bisa diatasi dengan menggunakan Kapal Besar seperti penyeberangan menuju Pulau Talango. Semoga Dinas terkait ada evaluasi untuk melakukan perbaikan demi perbaikan .
Lagi otw gililabak

Keindahan Pantai Gili labak

Pantai gililabak ini memiliki view nan eksotis apalagi kalau sobat menjumpai senja atau sunset. Bisa deh cari spot poto terbaik. Karena semua tempat di Gililabak Potoable banget.

Ranting pohon icon gililabak
Di Gililabak terdapat penduduk yang berjumlah 40 KK (Faisal, penjaga warung ujung timur). Kalau di kalikan 3 bisa jadi penduduk di sini lumayan banyak bisa sampai 120an lebih.

Sunset
Ujunv pulau gililabak
Kalau sobat ingin melihat sunrise dan sunset secara langsung, sobat bisa menyewa rumah penduduk. Harganya sekitar 200.000 bisa pesan langsung di pemilik warung-warung di Gililabak.

Perkamar bisa diisi sekitar 2-3 orang. Selain itu opsi lain sobat juga bisa seperti saya mendirikan tenda tepi pantai.
Syahdu banget menn!!!

Keindahan bawah laut
Underwater gililabak
Untuk ke tempat spot snorkling sobat tidak perlu jauh2 ke tengah lautan.

Ya, karena dari bibir pantai saja sobat tinggal renang. Dan sobat pasti bisa lihat sendiri keondahannya.
Oya disini juga terdapat ikan nemo lho..
Kalau sobat beruntung pasti bisa menemukannya.

Sebagian karang disini sudah agak rusak gaes, jadi kalian kalau hobi snorkling atau diving mohon tidak menginjak terumbu karang.

Walaupun sudah banyak pembibitan tetap saja kalah dengan perusakan.

Berikut tadi adalah pengalaman Trip saya ke Gili labak. Jika ada yang pertanyaan silahkan comment di bawah.

Atau jika sobat ingin ke gililabak start dari Surabaya bisa hubungi saya,  mau sendiri atau rame2 sama rombongan pun bisa. Dan dijamin dengan harga yang terjangkau.

☎more info : WA 085649821822
Penangkaran terumbu karang

Komentar

  1. Minta CP yang bisa dihubungi buat open trip gili labak kak

    BalasHapus
  2. Minta CP yang bisa dihubungi buat open trip gili labak kak

    BalasHapus
  3. Masih ada rencana open trip kah?😀
    Mau

    BalasHapus
  4. Masih ada rencana open trip kah?😀
    Mau

    BalasHapus
  5. Itu kapalnya pulang pergi atau pergi aja denfan kisaran harga 700-800 ?

    BalasHapus

Posting Komentar