Cara Menjadi Travel Blogger yang perlu dicoba bagi Traveller


Blog memang sarana yang tepat untuk menceritakan perasaan dan pengalaman pribadi. Namun sekarang bergeser, blog bisa menjadi media yang sangat informatif dan juga dapat menghasilkan uang jika kita bisa memanfaatkannya.


Seperti menjadi Travel Blogger.

Sebelum saya membahas tentang bagaimana cara menjadi Travel Blogger.

Sobat harus mengetahui apa itu Travel Blogger dan Apa manfaatnya.

Oleh karena itu Baca:

Berikut cara menjadi Travel Blogger ala adeutomo.com

1. Jadikan Travelling menjadi Hobi

Sebelum membahas lebih jauh kiat agar menjadi Travel Blogger, saya pastikan lagi kalau sobat memang menyukai travelling.

Terlebih  jika sobat menyukai aktifitas Outdoor seperti adventure, backpacking keluar Kota, mendaki Gunung, downhill, ataupun touring.


Jika sobat memiliki hobi seperti diatas saya jamin jika sobat menulis, semua kata-kata akan mengalir dengan sendirinya. Selain itu juga, Kreatifitas dalam menulis blog sobat akan muncul dengan sendirinya.

Itu yang saya lakukan dulu. "Berawal dari hobi semuanya bisa saya tulis".
Hobi saya jalan-jalan jadi saya tulis tentang Travelling.

Seperti Master Travel Blogger idola saya. www.duaransel.com
Mereka sepasang suami istri yang rela mendedikasikan hidupnya untuk Travelling dan Backpacker. Bahkan dia tidak punya rumah, karena dia sering pindah-pindah tempat, negara, dan Benua. Oleh karenanya dia sering diliput oleh media.

Beda lagi dengan guru saya blogging
www.jeannettechapman.blospot.co.id yang hobi dengan android dan game maka yang dia tulis adalah tentang hal tersebut.
Dengan hobinya tersebut dia perbulan dapat menghasilkan pundi-pundi uang.


Jika sobat hobi kuliner, bisa deh sobat menuliskan di Blog dan menjadi Foodblogger.

Atau yang lainnya sesuai dengan hobi dan Passion sobat.


2. Jadilah Travel Blogger yang mempunyai ciri Khas

Di Indonesia banyak sekali travel blogger, namun untuk go public atau go internasional hanya beberapa. Setelah saya survey mayoritas blogger yang terkenal dan sudah go public dialah yang memiliki ciri khas.

Ciri khas yang seperti apa itu?

Bisa jadi dengan cara penulisan per kalimatnya sehingga enak untuk dibaca dan dipahami.
Sobat juga bisa mencontoh blog www.journalkinchan.com

Di blog dia memiliki cara penyampaian yang unik dan ketika bercerita seakan akan kita terbawa kedalam ceritanya.

Atau sobat bisa mencontoh www.wiranurmansyah.com
Seorang Travel Blogger yang menceritakan pengalaman travellingnya dengan informatif dan lengkap sekali.

Saya juga masih belajar banyak sobat akan hal ini.

3. Pandai-pandai mengambil Gambar/Foto

Untuk menjadi Travel Blogger tentu kekuatan utama adalah di gambar yang diambilnya. Dengan gambar yang bagus pasti pengunjung akan puas dan akan mampir lagi ke Blog kita.


Jika sobat seorang fotografi pasti tidak kesulitan untuk mengambil gambar yang bagus. Sobat bisa menggunakan berbagai media fotografi seperti camera Dslr, action cam, kamera HP atau kamera pocket.

Yang jelas sobat harus mendapatkan foto yang angle nya pas, natural, jelas, cerah dan menginspirasi.

Item-item yang perlu di perhatikan untuk mengambil gambar yang akan di masukkan blog antara lain:

-   Gambar menuju lokasi (plakat jalan, objek petunjuk lainnya)
-   Foto pintu masuk/gerbang utama lokasi wisata
-   Biaya/Harga tiket masuk Lokasi
-   Fasilitas di lokasi tersebut


4. Berikan informasi yang jelas

Kebanyakan teman-teman Blogger terlalu asik menceritakan perjalanan diri sendiri. Sangat disayangkan sekali kalau kita menulis pengalaman kita tapi tidak ada yang membaca. Pasti rasanya sia-sia.

Tenang sobat saya juga rasakan itu dulu,
Cara agar blog sobat banyak pengunjung adalah salah satunya memberikan info yang informatif. Google tentu akan menaikkan page blog sobat jika sobat memberikan info yang informatif.

Info yang informatif seperti apa?
Seperti yang saya bahas item di atas berikan info seperti cara menuju lokasi, biaya/HTM, fasilitas, objek foto yang menginspiratif. Selain itu juga sobat juga bisa menyisipkan asal muasal/ sejarah dari lokasi tersebut.



5. Buatlah Tampilan Blog Sebagus mungkin

Beberapa Blogger terkenal menyarankan agar tidak terlalu menitik beratkan pada keindahan tampilan Template Blog. Mereka menyarankan agar memperbaiki isi konten sehingga lebih informatif dan memiliki banyak kata yang berisi.

Seperti mas Sugeng yang mempunyai Blog www.Sugeng.id dia mengatakan “memiliki tampilan blog yang keren memang bagus, tapi yang akan membuat blog sobat menjadi besar dan dikenal banyak orang bukanlah karena tampilan, tapi karena konten sobat di blog”.

Hal ini memang benar sekali google lebih mengutamakan tentang isi konten yang informatif. Selain itu jika sobat terlalu banyak menggunakan widget atau accesoris tambahan tentunya waktu loading blog sobat akan menjadi berat.


Banyak berbagai pandangan dari Blogger memberikan saran mengenai Tampilan. Namun, setelah saya survey para Travel Blogger di Indonesia mereka terlebih menonjolkan soal tampilan. Baik itu pada Banner atas, kelengkapan widget dan menambahkan accesoris.

Hal ini menurut saya wajar para Travel Blogger memanjakan pembaca dengan tampilan. Karena dengan tampilan yang bagus membuat Pengunjung betah dan akan kembali lagi ke Blog.

Berikut tadi adalah cara menjadi Travel Blogger ala adeutomo.com semoga bisa membantu sobat yang ingin berkarya di blog. Jangan lupa follow GooglePlus dan email saya ya dan dapatkan update gratis dari saya.

Salam lestari

Komentar

  1. Good article gan, mampir-mampir ane di ramerameserusite.wordpress.com gan

    BalasHapus
  2. Sukses ya mas Ade Utomo untuk jadi travel blogger. Kalau mau mampir juga ke blog saya www.riasnawipra.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar