Inilah Cara Menuju Pelabuhan Gresik dan Transportasi Menuju Pelabuhan Gresik


Pelabuhan Gresik merupakan pelabuhan Penyeberangan central penghubung antara Pulau Jawa (Kab. Gresik) dengan Pulau Bawean.



Selain itu untuk menyeberang ke Pulau Bawean Sobat juga bisa menyeberang lewat pelabuhan Paciran yang ada di Lamongan. Namun, untuk menuju Pelabuhan Gresik ini sobat harus paham angkutan Transportasi yang melewati Pelabuhan Gresik ini.

Pelabuhan Gresik yang milik PT. Pelindo 3 ini merupakan pelabuhan barang dan jasa penyeberangan menjadi pilihan alternatif masyarakat. Bagi yang ingin berwisata atau Backpackeran ke Bawean pasti mau tidak mau melewati Pelabuhan Gresik.

Agar sobat tidak bingung, saya akan sedikit memaparkan Transportasi Angkutan Umum menuju Pelabuhan Gresik.

Dari Jakarta/Pantura sampai  Babat – Lamongan Kota

Jika sobat dari (Jakarta , Cirebon, Indramayu, Brebes, Pekalongan, Semarang, Jepara, Rembang, Kudus tuban, atau daerah Pantura) pastikan jalur yang sobat tempuh melewati Kota Babat – dan Kota Lamongan.
Karena Kota Babat dan Kota Lamongan merupakan kota sebelum memasuki Kota Gresik dari arah Barat. Jika sobat memasuki Gapura Kota Gresik untuk menuju Pelabuhan Gresik sobat lurus saja mentok.

Di ujung jalan sobat akan menemukan masjid Agung nah, Setelah itu Sobat Belok kiri ikuti saja jalan sampai ketemu Perempatan Sunan Giri (Perempatan yang kalau belok kanan ke Sunan Giri) Sobat belok saja ke kiri Mentok sampai ketemu Pasar Gresik. Jika sobat ketemu Pasar Gresik Sobat lurus saja ke arah utara ikuti jalan dan sampai lah di kiri jalan Pelabuhan Gresik.

Jika Sobat Memasuki Kota Gresik menggunakan Bis, untuk menuju Pelabuhan Gresik Sobat bisa turun di Terminal Bunder Terminal pintu masuk Kota Gresik.

Jika sobat sudah turun di Terminal Bunder bisa sobat naik Angkot Menuju Pelabuhan Gresik. Kalau sobat turun di terminal bunder ini sangat dekat sekali dengan Pelabuhan Gresik.
Selain itu sobat juga bisa turun di Terminal Osowilangon Surabaya Barat, lalu naik angkot SG Surabaya-Gresik turun di Pelabuhan Gresik.

Kapal Express menuju Bawean


Dari Trenggalek, Tulungagung Sampai Jombang, Mojokerto

Jika Sobat dari arah Trenggalek ikuti jalur ke Tulungagung Kediri Nganjuk - Kertosono - Jombang Krian Legundi Pertigaan Boboh Menganti Belok kiri, setelah melewati jembatan morowudi bertemu pertigaan Sobat Belok Kanan mentok sampai Cerme lalu Bunder.

Setelah bertemu terminal Bunder sobat bisa belok kanan. Jika sobat memasuki Gapura Kota Gresik untuk menuju Pelabuhan Gresik sobat lurus saja mentok.

Di ujung jalan sobat akan menemukan masjid Agung nah, Setelah itu Sobat Belok kiri ikuti saja jalan sampai ketemu Perempatan Sunan Giri (Perempatan yang kalau belok kanan ke Sunan Giri) Sobat belok saja ke kiri Mentok sampai ketemu Pasar Gresik.

Jika sobat ketemu Pasar Gresik Sobat lurus saja ke arah utara ikuti jalan dan sampai lah di kiri jalan Pelabuhan Gresik.

Jika Sobat menggunakan Bis, untuk menuju Pelabuhan Gresik Sobat bisa turun di Terminal Purabaya/Bungurasih. Dari terminal Purabaya naik Bus Kota P6/P7/P8 turun di Terminal Osowilangon. Setelah sampai terminal Osowilangon sobat lanjut naik Angkot SG turun di Pelabuhan Gresik.


Dari Bali, Banyuwangi, Pasuruan, Malang, Purwosari, sampai Sidoarjo Surabaya

Jika sobat dari jalur pantura Bali - Banyuwangi - Situbondo - Bondowoso - Pasuruan - Purwosari - Pandaan - Sidoarjo - surabaya. Untuk menuju pelabuhan Gresik jika sobat sudah masuk kota Surabaya.Pastikan sobat ambil jalur benar untuk menuju kota Gresik.
Jalur dari arah sidoarjo yaitu Jl. A. Yani Lanjut - Jl. Diponegoro (depan Kebun Binatang Surabaya) - sampai Pertigaan Flyover Kupang belok kiri - menuju Margomulyo.
setelah itu pastikan sampai Pertigaan Margomulyo ambil belok kanan (Utara) lurus saja mentok lalu belok kiri.
Setelah itu sobat akan melewati Terminal Osowilangon, itu berarti jalur menuju Gresik.

Setelah masuk Gapura Besar Selamat Datang Gresik, sobat akan menemukan Perempatan Besar Barata. Nah, sobat ambil belok kanan ya untuk menuju Peabuhan Gresik. Ikuti saja jalurnya pasti sampai Pelabuhan Gresik.

Dari Terminal Purabaya/Bungurasih

Jika Sobat menggunakan Bis, untuk menuju Pelabuhan Gresik Sobat bisa turun di Terminal Purabaya/Bungurasih. Dari terminal Purabaya naik Bus Kota P6/P7/P8 turun di Terminal Osowilangon. Setelah sampai terminal Osowilangon sobat lanjut naik Angkot SG turun di Pelabuhan Gresik.


Dari Bandara Juanda

Jika sobat dari Bndara Juanda untuk menuju Pelabuhan Gresik sobat bisa naik Bis Damri  Juanda-Gresik turun di Terminal Bunder. Setelah itu naik angkot ke Pelabuhan Gresik.


Dari Stasiun Pasar Turi

Dari Stasiun Pasar Turi jalan dulu sampai depan PGS lalu naik angkot biru Pasar turi - wilangon - Gresik turun di Pelabuhan Gresik.

Biru telur bebek, warna angkot jurusan Pasar Turi - Pelabuhan Gresik

Dari Stasiun Gubeng

Dari Stasiun Gubeng sobat harus menuju Terminal Osowilangon dulu untuk ke Pelabuhan Gresik. Caranya sobat bisa naik angkot LWK. Setelah sampai terminal Osowilangon disambung naik angkot biru Surabaya Pasar Turi- Gresik turun di Pelabuhan Gresik.

Berikut tadi cara menuju Pelabuhan Gresik baik sobat naik kendaraan Pribadi atau Kendaraan Umum. Jika masih belum jelas sobat bisa koment di kotak komentar bawah, Insyaallah saya balas.
Jangan lupa follow google plus saya ya guys.

Baca juga : Trip Backpacker ke Pulau Bawean Hanya 800 ribuan

Salam Lestari

Komentar